Tuesday, February 19, 2008

Adsense, Masihkah Menjadi Tambang Uang?

Pada awalnya orang membuat blog adalah untuk menuliskan hal-hal yang bersifat pribadi, sesuai namanya, web log, catatan berbentuk web. Biasanya berupa catatan harian, kesan, catatan perjalanan, cerita, pengalaman, dan lain-lain.

Pada perkembangannya, blog telah menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Baca saja iklan penyelenggara layanan seperti, menjanjikan kekayaan cepat dalam waktu singkat, ada yang bilang bisa meraih 2500 dolar dalam seminggu.

Mungkinkah? Jawabannya tentu mungkin, tapi mudahkah? Jawabannya relatif, bagi blog atau website dengan traffic tinggi, hal ini mudah. Secara matematika, mungkin.

Bagimana dengan blog yang sehari paling dikunjungi 20 unique visitor, atau bahkan kurang. Untuk blog seperti ini, mengandalkan impression tentu tidak bisa. Mengandalkan ctr, juga sulit, terlalu sedikit. Pengalaman ikutan adsense, jujur saja, saya belum juga berhasil.

Mungkin terlalu lurus, tak mau menyerempet hal-hal yang agak miring. Ditambah lagi, kemampuan bahasa inggris juga rendah, jadilah, mau nulis satu artikel saja pusing tujuh keliling. Padahal salah satu persyaratan blog baik adalah berisi tulisan yang bagus, teratur.

Apakah harus blogwalking seharian, hanya untuk mengenalkan blog? Cape deh. Mengandalkan search engine saja juga tak menjanjikan, dibutuhkan kemampuan untuk membuat isi yang bagus. Lalu?

Adsense tetap menjanjikan, bagi yang bisa, yang terus berusaha. tentu bukan blog yang biasa saja, tapi blog yang luar bias. Yang isinya bagus, informatif, yang akan mendatangkan banyak pengunjung.

maju terus, tetap berusaha.

No comments: